Follow Me @vyarahman

Kamis, 08 Januari 2015

Bidikmisi, bibit Generasi Emas


Siapa yang tidak tahu Bidikmisi? Ya memang sudah tidak aneh lagi bagi para akademisi di dunia pendidikan ini, karena Bidikmisi ini merupakan beasiswa khusus dari pemerintah untuk pelajar yang kurang mampu namun berprestasi di sekolahnya dan ingin sekali melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Hebat bukan? Jika dirasa orang yang mampu dan bisa berprestasi, tentu jelas mungkin saja mereka memiliki fasilitas yang memadai. Namun dalam segala keterbatasan yang ada, penerima beasiswa ini berjuang dengan fasilitas yang ada dengan dana bantuan dari pemerintah.
Setiap tahun angka penerima beasiswa Bidikmisi ini kian meningkat, data terakhir dari web JPNN sampai 2013 lalu, total jumlah penerima Bidikmisi di berbagai perguruan tinggi mencapai 140.180 mahasiswa, tersebar di 98 PTN dan 590 PTS. Tujuan utama pemerintah dalam program beasiswa ini adalah mencetak generasi emas di tahun 2045. Seperti yang dikatakan oleh Mendikbud M Nuh "Sejatinya, program ini sangat mulia, yang menjadi cita-cita luhur terbentuknya sebuah negara memakmurkan dan menyejahterakan masyarakat,"
Dan faktanya para penerima beasiswa inilah yang banyak menorehkan prestasi di perguruan tingginya baik di dalam maupun luar negeri. Baik di bidang akademik maupun non akademik. Hasil yang mereka raih dalam indeks prestasi yaitu IP di atas 3,5 dan berhasil lulus tepat waktu dengan predikat Cumlaude sampai Student Exchange ke luar negeri, dan tak jarang pula yang melanjutkan studinya dengan beasiswa S2 ke Luar Negeri dengan program LPDP atau prestasi keseluruhan seperti menjadi Mahasiswa berprestasi tingkat Fakultas, Universitas, atau bahkan Nasional, seperti  Birrul Qodriyyah, salah satu Mahasiswa UGM ini bisa menapaki mimpi-mimpi luar biasanya berawal dari Bidikmisi, ia dikenal sebagai Duta Bidikmisi Nasional, Duta Keperawatan juga sebagai Mahasiswa Berprestasi Nasional 2013, walaupun dia anak dari seorang buruh tani, ia tak pernah merasa gentar melanjutkan mimpi-mimpinya, sehingga Tuhan mempertemukannya dengan beasiswa Bidikmisi ini.

Dari tujuan pemerintah yang mulia, dari mimpi-mimpi pelajar-pelajar Indonesia yang luarbiasa sungguh bisa kita lihat akan adanya perubahan kemajuan dalam bidang pendidikan dari tahun ke tahun melalui program Bidikmisi ini. Semua berharap program ini akan mencetak generasi-generasi yang mampu membuat Indonesia menjadi negara yang terbaik nantinya, terdepan dalam pendidikannya, dengan orang-orang hebat di dalamnya. Generasi Emas Indonesia 2045.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar